Para Calon Sangadi Tutuyan Unjuk Kebolehan di Debat Kandidat

0
905

Tutuyan, IR  – Layaknya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Sangadi (Pilsang) di Desa Tutuyan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur juga dimeriahkan dengan menggelar debat kandidat, Rabu (02/11) dengan tema “ Tutuyan yang Berdaya Saing, dengan  Masyarakat yang Peduli Lingkungan, Sehat dan Sejatera.

Debat yang bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Tutuyan tersebut, menghadirkan empat calon sangadi yakni Manunang Bahansubu, Hartututi Potabuga, Brury Paputungan dan Sarjan Paputungan.

Tak ingin ketinggalaan, lokasi debat pun dipadati warga Tutuyan guna menyaksikan kecakapan masing-masing kandidat.

Dengan percaya diri masing-masing calon memaparkan program kerjanya jika kelak terpilih menjadi orang nomor satu di desa tersebut.

Panitia Pilsang memberikan waktu selama tiga menit bagi para kandidat untuk beradu argumen serta memaparkan visi dan misi. Setelah itu, kandidat diberikan keseptan untuk melakukan tanya jawab ke sesama calon kandidat.

Kepada inatonreport.com, Ketua KPUD Boltim Awaludin Umbola yang diberikan kepercayaan sebagai moderator mengatakan jika debat kandidat kali ini berjalan lancar.

Kondisi yang terlihat, masyarakat cukup tertib saat menyaksikan debat, walau sesekali ada yang bersorak.

Salah satu warga yang ikut menyaksikan debat tersebut mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Panitia Pilsang sangatlah bermanfaat. Sebab dengan kegiatan tersebut, warga bisa langsung menyaksikan visi dan misi calon pemimpin di desa mereka.

“Saya senang dengan adanya debat calon Sangadi ini. Disini kami bisa menilai langsung calon mana yang betul-betul layak dipilih”, terangnya sembari meminta agar namanya tak diberitakan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilsang desa Tutuyan, Harianto, SE, saat bersua dengan natonreport.com, menjelaskan, dari 63 desa yang akan menggelar Pilsang, Desa Tutuyan merupakan satu-satunya yang melaksanakaan kegiatan debat kandidat.

Harianto mengimbau kepada semua kandidat serta elemen masyarakat untuk sama-sama berpartisipasi untuk mengawal proses demokrasi agar berjalalan dengan lancar.

“Proses demokrasi  bila kita laksanakan dgn baik pasti akan memperoleh hasil yg baik juga”, pungkasnya.  (tox)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.