Pemkab Boltim Gelar Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa

0
842

Tutuyan – Pemeritah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Boltim menggelar Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa, Kamis (17/11), di Aula Balai Pertemuan Umum Desa Tutuyan II.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Boltim, Sehan Landjar SH, turut dihadiri Wakil Bupati Boltim, Drs. Rusdi Gumalangit, para pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Boltim, penjabat Sangadi dan Sangadi terpilih se-Boltim hasil pemilihan langsung beberapa waktu lalu.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, digelarnya kegiatan tersebut dimaksudkan agar dalam proses menjalankan roda pemerintahan ditingkatan desa, seluruh aparatur pemerintahan di desa mulai dari Sangadi, sekdes, BPD dan semua komponen pemerintahan mampu menjalankan mekanisme proses pemerintahan dengan baik dan benar. “Kepada Sangadi terpilih kegiatan ini sangat penting karena berkaitan dengan tanggung jawab dalam pelaksanaan pemerintahan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, para Sangadi harus memahami kondisi yang ada di desa, sebab kunci keberhasilan pembangunan adalah desa sebagaimana visi misi Boltim sejak tahun 2010 yang basisnya adalah pedesaan. “Kepala desa harus tegas tapi jangan otoriter, lembut tapi bukan lemah,” tegasnya.

Ditambahkannya, pemerintahan desa memiliki dua tugas penting yaitu pelayanan dan pemberdayaan, dimana harus dipahami secara jelas oleh para Sangadi mana yang paling utama dari kedua hal tersebut. “Memberdayakan masyarakat lebih utama dari pelayanan karena melayani belum tentu memberdayakan, tapi ketika anda memberdayakan itulah pelayanan,” terangnya. Tox

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.