Peduli HAM, Boltim Raih Penghargaan Dari Kemenkumham

0
743

Tutuyan, inatonreport.com-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendapat penghargaan sebagai Kabupaten yang peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan diserahkan langsung oleh Menkumham, Yasona Laoly, kepada Bupati Boltim, Sehan Landjar SH, pada acara peringatan hari HAM sedunia ke-68 tahun 2016, di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/12) lalu.

“Boltim berhak menerima penghargaan tersebut karena dari penilaian Kemenkumham, Boltim termasuk salah satu  kabupaten/ kota di Indonesia yang peduli terhadap kebutuhan dasar warganya,” ujar Kabag Humas Pemkab Boltim, Drs. Hamdi Egam.

Lebih lanjut, Egam mengatakan indikator penilaian atas pemberian penghargaan tersebut meliputi hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman, dan hak perempuan.

“HAM tidak selalu identik dengan pelanggaran atau permasalahan. HAM disini dalam konteks pemda membangun daerahnya menjadi layak dijadikan sebagai tempat hidup,” urai juru bicara Pemkab Boltim ini.

Terinformasi, penghargaan yang diberikan kepada 228 kepala daerah tersebut, sebagaimana telah dicanangkan dalam Peraturan Menkumham Nomor 11 Tahun 2013 dan perubahannya Nomor 25 Tahun 2013 tentang kriteria Kabupaten/ Kota Peduli HAM yang memicu kepada kabupaten/kota untuk mengimplementasikan hal terkait diantaranya Rencana Aksi Nasional HAM, strategi Nasional Akses Terhadap Keadilan dan mendukung implementasi kebijakan three plus track. Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.