Saingi Patung Liberty, India akan Bangun Patung Dua Kali Lebih Tinggi

0
956
patung Liberty. (f;Liputan6.com)

Mumbay, inatonreport.com-Patung tertinggi di dunia rencana akan di bangun di di lepas pantai Mumbai ini ditargetkan memiliki tinggi kurang lebih 192 meter. Patung yang akan dibangun adalah patung Shivaji, seorang penguasa abad ke-16 dari India barat.

Patung ini ditargetkan akan mengalahkan patung tertinggi yaitu patung Buddha yang berada di Provinsi Henan, Cina. Yang hanya setinggi sekitar 153 meter. Perdana Menteri Narendra Modi sudah meletakkan batu pertama untuk proyek pembangunan tersebut, Sementara konstruksinya akan dibuat di atas tanah reklamasi Laut Arab yang pengurugannya diprediksi rampung pada 2019 mendatang. Anggaran yang disiapkan untuk membangun patung ini sekitar 36 miliar rupee atau setara Rp 7,1 triliun.

Akan tetapi proyek ini menuai banyak kritik dari masyarakat India. Lebih dari 29 ribu orang telah menandatangani petisi yang meminta pemerintah India menggunakan anggaran tersebut untuk pembangunan infrastruktur.

“Terlepas dari membuang-buang uang, patung ini akan juga akan menjadi ancaman bagi lingkungan, untuk situasi lalu lintas di Bombay Selatan dan mimpi buruk bagi keamanan,” demikian kecaman yang tertuang dalam petisi Change.org. tersebut.

Sky News, Ahad (25/12), melaporkan, ini bukan kali pertamanya India mengeluarkan banyak anggaran untuk pembangunan patung. Pada tahun 2014, setelah Perdana Menteri Modi disumpah ke kantor, pemerintah menganggarkan £ 27 juta atau setara Rp 445 miliar dari APBN untuk membangun tugu peringatan.

Proyek yang saat ini sedang berjalan, termasuk satu proyek di negara bagian asal Perdana Menteri, yaitu Gujarat, telah melampaui anggaran mereka sepuluh kali lipat.republika.co.id/her

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.