10 Manfaat Kapulaga bagi Tubuh Manusia

0
2290

Kapulaga merupakan jenis rempah yang biasa ditambahkan pada makanan untuk memunculkan aroma yang sedap. Dengan baunya yang khas, tumbuhan ini banyak ditemui pada makanan di Asia, terutama di India, dan juga Indonesia.

Akan tetapi, manfaat kapulaga bukan hanya sebatas sebagai pengharum makanan. Biji-biji kecil berwarna hijau ini ternyata juga memiliki banyak kebaikan lain bagi kesehatan. Berikut 10 di antaranya, seperti dilansir tempo.co:

1. Memperbaiki pencernaan
Seperti juga jintan, kapulaga bukan hanya penyegar mulut, tapi juga membantu mempercepat proses pencernaan. Kapulaga juga bisa mengurangi peradangan di saluran cerna sehingga mampu mengatasi masalah asam lambung dan mual, serta meredakan masuk angin sehingga proses pencernaan lebih lancar.

2. Mengatasi bau mulut
Bau nafas tak sedap yang keluar dari mulut adalah musuh buat banyak orang. Tak perlu khawatir, cukup atasi dengan kapulaga yang mengandung zat-zat antibakteri, selain aromanya yang segar. Karena kapulaga juga membantu mengatasi masalah pencernaan, yang sering menjadi penyebab bau mulut, maka berarti rempah-rempah ini mengusir bau mulut dari sumbernya.
3. Meredakan masalah asam lambung
Kandungan minyak esensial pada kapulaga membantu memperkuat bagian dalam saluran pencernaan. Jadi, ketika kita mengunyah rempah-rempah ini, maka keluarlah kandungan minyaknya yang akan merangsang kelenjar liur sehingga kerja saluran pencernaan pun menjadi lebih baik.

4. Meredakan masalah pernapasan
Kapulaga adalah rempah-rempah yang menghangatkan serta bisa membantu melancarkan sirkulasi darah ke paru-paru sehingga mampu meredakan gejala asma, batuk, dan pilek.

5. Membuang racun tubuh
Kandungan mangan pada kapulaga berperan penting dalam memproduksi enzim yang mampu melawan radikal bebas. Kapulaga juga memiliki khasiat untuk membuang racun dari tubuh dan melindunginya dari penyakit.

6. Melawan anemia
Kapulaga juga kaya tembaga, zat besi, dan vitamin seperti niacin, riboflavin, dan vitamin C. Semua zat penting itu sangat vital dalam pembentukan sel-sel darah merah dan melawan anemia serta meredakan gejala kurang darah.

7. Menyembuhkan depresi
Teh kapulaga dipercaya bisa membantu menyembuhkan depresi namun secara ilmiah belum pernah dipelajari secara mendalam. Meski demikian, tidak ada salahnya mencoba karena tidak ada efek samping.

8. Melawan peradangan
Seperti juga jahe dan kunyit, kapulaga juga mengandung zat-zat antiperadangan yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, terutama di area mulut dan tenggorokan.

9. Mencegah penggumpalan darah
Kapulaga membantu mencegah penggumpalan darah yang berbahaya mencegah darah mengental dan menempel di dinding pembuluh.

10. Menyembuhkan cegukan
Kapulaga juga bisa menyembuhkan cegukan serta kram otot, termasuk kram perut saat haid.tmp/her

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.