Pemkab Boltim Beri Fasilitas untuk Warga Transmigrasi

0
1005
Bupati saat mengunjungi warga transmigrasi. (f;inatonreport.com/Anto)

Tutuyan, inatonreport.com-Bupati Kabupaten Bolmong Timur (Boltim), Sehan Landjar SH, mengunjungi warga transmigrasi dari Jakarta di pemukiman Balukut Desa Motongkad Utara, Kecamatan Motongkad, Rabu (04/01) lalu.

Kepada awak media, Sehan mengatakan, akan mengupayakan fasilitas serta penambahan perumahan transmigrasi Balukut. “Ada ketambahan 150 rumah. Target kita 200 KK dan lahan sekitar 400 Hektare (Ha). Saat ini sudah 200 Ha yang ditempati warga,” terang Landjar.

Sehan menambahkan, dalam waktu dekat, Pemkab Boltim akan melakukan penambahan rumah bagi warga transmigrasi sebanyak 100 unit. Bahkan fasilitas pembenahan jalan umum akan dilakukan sejauh 3 kilometer berupa pengaspalan hotmix, serta pembuatan jembatan yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAU) APBD 2017 sebesar Rp4,7 miliar.

Selain fasilitas pemukiman, Sehan juga menjanjikan akan melakukan pembenahan di bidang pendidikan serta penerangan jalan.

“Kita juga menambahkan 3 ruang kelas sekolah dasar di tahun ini,  dengan dana sekitar Rp200 juta DAU APBD, agar anak-anak bisa sekolah dengan layak. Juga upaya pemerintah daerah soal penerangan yakni direncanakan kita akan pakai lampu solar cell (tenaga surya) anggarannya DAU sekitar Rp 400 juta,” papar Sehan.

Sehan optimis, program yang direncanakan tersebut akan menjadi daya topang ekonomi masyarakat. Untuk mewujudkan itu, kerjasama yang baik antara warga lokal maupun warga transmigrasi sangat dibutuhkan.

“Saya senang ada ketambahan warga transmigrasi dari DKI. Lahannya, per KK 1 Ha sudah jadi hak milik warga ditambah pemberian bibit serta jaminan hidup. Para warga di sini rata-rata usia muda (rumah tangga baru),” ujar Bupati.Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.