Ubah ke Prabayar, Pemkot Hemat Miliaran Rupiah

0
772
Imran Amon

Kotamobagu, inatonreport.com -Dinas Perumahan dan Kawasan Wilayah Pemukiman, berencana mengalihkan lampu penerangan jalan ke PLN prabayar. Hal ini disampaikan Imran Amon, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Wilayah Pemukiman, di kantornya hari ini, Kamis(19/1) pukul 11.30 WITA.

Imran mengatakan, jika lampu penerangan jalan diganti dengan pra bayar maka akan menghemat miliaran rupiah.

Dari peninggalan Dinas Tata Kota, saat ini pihaknya mendapat tugas mengatur 2039 titik lampu yang terbagi ke dalam 136 box atau kotak meteran. Dalam satu kotak meteran dipakai untuk 20 titik lampu. Setelah diuji dengan listrik prabayar dengan nominal Rp1 juta, ternyata tidak habis untuk pemakaian satu bulan.

Sehingga menurutnya, 136 kotak per bulannya hanya menghabiskan dana Rp136 juta. Sementara selama ini biaya per bulannya untuk kontrak daya sebesar Rp900 juta.

“Bayangkan dana yang bisa dihemat, bisa mencapai miliaran rupiah,” kata Imran yang baru saja menempati jabatannya pada pengisian OPD belum lama ini.

“Jika masih menggunakan kontrak daya, meski lampu mati tetap dihitung. Namun, bila menggunakan prabayar, lampu mati daya juga bisa dihemat,” tambahnya.

Terkait penggantian kontrak daya ke PLN pra bayar, pihaknya akan segera dilaporkan ke Sekretaris Kota. “Kita akan laporkan ke Sekkot,” tutupnya. Wan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.