BPBD Kotamobagu Latih Warga Binaan Membuat Kompos

0
885

Kotamobagu, inatonreport.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu, memberikan pelatihan kepada warga Kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Utara, cara membuat kompos di Perumahan Perbinda Emas, Rabu (1/2) pagi.

“Wilayah Kotamobagu Utara merupakan daerah binaan BPBD,” kata Kepala BPBD, Gulimat Mokoginta, di kantornya.

Hasil dari pengomposan rencananya akan disuplay di wilayah administrasi Keluragan Biga. “Nantinya, kompos yang dibuat akan di sebar di empat Rukun Tetangga (RT) di lingkungan perumahan,” tuturnya.

Menurutnya, kompos yang dihasilkan telah diuji coba, dan tentunya sangat berguna dalam menjaga kesuburan tanah. Sehingga patut bagi warga memahami cara pembuatan pupuk kompos.

“Kegiatan pelatihan ini penting. Karena menjadi salah satu cara mengantisipasi kerawanan pangan. Ini juga salah masuk dalam visi misi pemerintah untuk menggunakan pupuk organik yang tertuang dalam RPJMD,” tandasnya.

Lanjut Gumalangit, guna menyukseskan program tersebut, BPBD Kotamobagu telah menjadwalkan kegiatan kunjungan ke Perbinda Emas, yakni setiap hari Rabu dan Jumat.

Selain itu, sampah yang merupakan bahan baku pupuk kompos telah ditampung dalam bank sampah. “Untuk upaya menampung sampah, telah dibuat bank sampah yang di pimpin kepala lingkungan,” tukas Gulimat.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.