Cabdin Kotabunan Gelar Seleksi OSN

0
1139

Tutuyan, inatonreport.com – Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kecamatan Kotabunan, digelar di SD Negeri Bkaka Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Senin, (6/1).

Kegiatan yang mengusung tema “Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti, ke Depan Semangat dan Sportivitas Berprestasi”, tersebut, diikuti 48 siswa SD dan 45 siswa SMP/MTs se-Kecamatan Kotabunan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Kotabunan, Idrus Paputungan mengatakan, pelaksanaan seleksi tersebut bertujuan untuk mencari siswa yang mempunyai kemampuan lebih dari sisi ilmu pengetahuan. Siswa yang lulus seleksi, nantinya bakal dipersiapkan mewakili kecamatan untuk beradu pengetahuan di tingkat yang lebih tinggi .

“Ketika lulus seleksi, siswa akan diikutsertakan dalam ajang OSN tingkat kabupaten. Kalau lulus bakal maju di tingkat provinsi,” tutur Paputungan kepada awak media saat melakukan peliputan.

Tampak siswa serius mengikuti seleksi OSN di Keamatan Kotabunan. (f:inatonreport.com/abdyanto mokodongan)

Puncaknya, lanjut Paputungan, siswa yang lulus di tingkat provinsi akan diboyong mengikuti OSN tingkat nasional.

“Target kita minimal tahun ini bisa masuk level provinsi. Namun kita akan berusaha agar bisa sampai level nasional dan itu merupakan program kita,” ungkap Paputungan.

Paputungan menambahkan, sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) dari pusat, setiap sekolah diwajibkan mengirim tiga siswa untuk tiap mata pelajaran yang di lombakan dalam seleksi. Untuk tingkat SD, mata pelajaran yang akan dilombakan adalah IPA dan matematika. Sedangkan untuk SMP/MTs adalah matematika, IPA Terpadu, dan IPS.

Agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar, lanjut Paputungan, seleksi OSN tersebut akan dilaksanakan secara bertahap.

“Mengingat jumlah guru serta pertimbangan lainnya, kegiatan tidak kita laksanakan secara serentak. Untuk Senin (6/2), yang dilaksanakan seleksi olimpiade sains. Nanti tangal 13 bulan ini kita akan laksanakan seleksi olimpiade seni dan olahraga se-Kecamatan Kotabunan yang akan berlangsung di kotabunan,” terang Paputungan.

Rencananya, kegiatan seleksi akan dimeriahkan oleh tarian adat Tuitan yang digelar secara massal, dengan melibatkan sekitar 500-an siswa SD dan SMP/Mts.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.