Diskominfo Boltim Matangkan Masterplan Smart City

0
914
Ilustrasi smart city. @http://readwrite.com

Boltim, inatonreport.com-Keterbukaan akses internet sebagai sarana informasi di segala penjuru dunia, rupanya sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Dengan internet informasi yang kita butuhkan sangat mudah untuk didapatkan.

Menyadari hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) berencana mewujudkan Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) sebagai kota cerdas atau smart city. Rencana ini dimatangkan lewat penyusunan masterplan  teknologi informasi.

“Masterplannya sudah kita buat. Salah satunya, kita jalin kerjasama dengan PT Telkom Kota Kotamobagu sebagai penunjang smart city nanti,” demikian dikatakan, Kadis Kominfo Boltim, Astony Angmalisang, Selasa (14/02) kemarin.

Walau masih sebatas gagasan, menurut dia, konsep smart city sudah dituangkan lewat Rencana Jangka Panjang Menengah Daerah (RPJMD). “Saya harap konsep ini ikut didukung oleh sarana penunjang, utamanya pasokan listrik. Itu kendala utamanya. Gagasan ini sudah kita masukkan dalam RPJMD,” terangnya.

Meski begitu kata Astony, program smart city ini masih dalam progress dimana semua persiapannya sementara dimatangkan dan anggarannya masih menunggu pemberlakuan APBD. “Memang angaran yang ada di dinas kita hanya terbatas sekitar Rp1,5 miliar. Sehingga program ini bertahap kita wujudkan,” pungkasnya.

Smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. (kbm/her)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.