Mulai dari Pembangunan PAUD Hingga Beasiswa jadi Prioritas Pemdes Bulawan Dua

0
944

Boltim, inatonreport.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Bulawan Dua Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tengah mempersiapkan program unggulan bagi masyarakat melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes).

Sesuai penuturan Nambriya Paputungan, Sangadi (Kepala Desa) Bulawan Dua, jika program peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat menjadi prioritas.

Pemberdayaan tersebut berupa rencana pembuatan drainase serta pembuatan tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sedangkan kesejahteraan berupa pemberian bantuan kepada masyarakat yang memiliki industri rumahan.

“Program kami untuk tahun 2018 ini,  diantaranya pembuatan drainase, pembangunan PAUD, serta mendata masyarakat yang akan membuat usaha home industri. Perlingkungan 5 orang akan mendapatkan bantuan modal usaha,” ucap Paputungan, Jumat (3/2) lalu.

Selain itu, anggaran ADD dan Dandes tersebut juga akan dialokasikan dalam bentuk beasiswa bagi  para pelajar yang tinggal di Desa Bulawan Dua.

“Pemberian beasiswa kepada anak-anak yang sedang mengenyam pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Rencananya setiap lingkungan masing-masing 5 anak akan mendapat beasiswa sebesar 500 ribu/semester,” terang Paputungan.

Terkait program tersebut, pihak Pemdes telah berkordinasikan dengan pemerintah daerah (pemda) dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) Boltim. “kami sudah usulkan dan semoga di 2018 nanti program ini dapat terealisasi,” tutupnya.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.