Program BIRU Bakal Warnai Kecamatan Kotabunan

0
911
Kecamatan Kotabunan bakal mencanangkan program BIRU bagi masyarakatnya. (F:inatonreport.com/abdyanto mokodongan)

Boltim, inatonreport.com-Pemerintah Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), pekan depan akan melaksanakan program BIRU. Sebuah program yang menjadi skala prioritas di kecamatan tersebut.

Camat Kotabunan, Rahman Hulalata, mengatakan jika program tersebut bukan mengartikan Kabupaten Boltim indentik dengan warna biru. Pun juga tak berkaitan dengan partai politik manapun.

“Program tersebut bukan berarti Boltim itu BIRU atau ada keterkaitannya dengan partai politik. Tapi BIRU adalah singkatan dari Bersih, Indah, Rapi, dan Ungul,” terangnya kepada inatonreport.com, Senin (7/1).

Pemerintah kecamatan, kata Hulalata, akan melibatkan seluruh elemen masyarakat guna menyukseskan program andalan tersebut.

“Program Biru ini menjadi prioritas kami di Kecamatan Kotabunan. Didalamnya akan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait yang ada di kecamatan,” terang Hulalata saat di wawancarai usai acara rapat koordinasi di Desa Bukaka.

Lebih lanjut dijelaskannya, program BIRU bertujuan untuk menciptakan karakter hidup bersih. Maka, diperlukan intervensi pemerintah melalui program yang penamaannya sesuai dengan karakter masyarakat di Kecamatan Kotabunan.

“Kalau di Manado ada Jumpa Berlian dan lain sebagainya. Kalau di Boltim khususnya Kecamatan Kotabunan dinamakan BIRU,” bebernya.

Ia berharap, dengan dibentuknya program BIRU akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan ada imbas positif dan bisa di lihat masyarakat secara umum. Kami akan membentuk tim Sapu Bersih Sampah, yang melibatkan masyarakat, kepala sekolah, PKK dan pemuda, agar program prioritas ini nantinya menjadi contoh di kecamatan lain di Boltim,” tutup Hulalata.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.