Rastra Jelek, Warga Disarankan Tukar ke Bulog

0
789
Mensos RI, Khofifa Indar Parawansa, saat melakukan sidak di kantor Bulog. (f:inatonreport.com/ridwan kalauw)

Kotamobagu, inatonreport.com- Warga disarankan menukar Beras Sejahtera (Rasta) bila kualitasnya rendah atau tak layak konsumsi.

“Beras yang diterima keluarga penerima manfaat haruslah berkualitas medium,” demikian disampaikan Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifa Indar Parawansa, saat melakukan inspeksi ke gudang Bulog, Mogolaing, Kotamobagu, Kamis (2/2) siang.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, banyak penerima Rastra memperoleh beras tidak sesuai berat sebenarnya. Belum lagi kualitas beras yang rendah, karena sudah kekuning-kuningan.

Seperti pertanyaan yang dilontarkannya pada KPM, saat dilakukan tatap muka dan pemberian secara simbolis Rastra 2017. “Apakah pernah menerima beras kekuning-kuningan?. Mereka menjawab, iya pernah!” kata Khofifa mengutip pengakuan KPM.

Untuk itu, kedatangannya ke gudang Bulog kali ini guna memastikan Rastra yang disalurkan harus tepat jumlah dan tepat kualitas.

“Bila ditemukan beras tidak layak konsumsi, warga bisa menukarnya. Hal itu, sesuai kesepakatan dengan Direktur Perum Bulog,” katanya.

Lebih lanjut, Khofifah menyarankan agar pengawasan pemerintah kota dari titik distribusi ke titik bagi agar lebih baik lagi. Hal itu, untuk memastikan penerima manfaat mendapatkan beras layak konsumsi.

“Sehingga bila ditemukan beras berkualitas di bawah (rendah), harus segera ditukar 1 x 24 jam ke gudang Divre atau Subdivre,” usulnya.

Pada pantaunnya ke gudang Bulog Sub Divisi Bolmong, Mensos memeriksa beras dalam karung yang tersusun. Ia pun menemukan beras yang mulai berubah warna. Penjelasan dari pihak Sub Divisi, jika beras dalam gudang tersebut memang mulai mengalami penurunan kualitas, sehingga akan dilakukan reprosesing.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.