Wisata Alam Air Terjun Dodandian yang Memukau

0
1793
Alir terjun Dondadian

Boltim, inatonreport.com-Pesona wisata alam di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) seakan tak ada habisnya. Seperti air terjun Dodandian yang terletak di Desa Matabulu Kecamatan Nuangan, kabarnya  memiliki ketinggian 75 meter serta memiliki keindahan alam yang menawan.

Tak heran, jika air terjun tersebut sering didatangi warga lokal maupun luar daerah untuk berekreasi atau sekadar mengambil gambar untuk diabadikan.

Seperti penuturan warga Desa Matabulu, Sumarto Soleh, jika banyak pengunjung yang datang berfoto dan membuat vidio di lokasi tersebut. “Media sosial membantu promosi air terjun ini,” katanya.

Pemerintah desa pun telah membangun jalan perkebunan menuju lokasi tersebut. “Pemerintah Desa sudah mengajukan permohonan ke Dinas Pariwisata untuk membantu membangun fasilitas di lokasi air terjun,” ujarnya.

Menariknya, Pemerintah Desa setempat tak akan membangun jalan aspal, dengan tujuan agar pengunjung mendapatkan tantangan tersendiri.

“Kami usulkan ke Pemerintah Desa agar membuat MCK, gasebo hingga warung desa di lokasi tersebut,” ucapnya.

Pemerintah Desa pun berencana akan menjadikan lokasi tersebut sebagai laboratorium alam. “Kami sudah usulkan ke instansi terkait pembangunan jembatan kecil di depan air terjun. Itu untuk menjadi spot foto,” bebernya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Boltim, Risky Lamaluta, mengatakan, pariwisata sudah menjadi fokus pembangunan pemerintah daerah (Pemda) dalam lima tahun kedepan. Pemda pun sedang merencanakan dua kawasan ekonomi khusus kepariwisataan di Boltim.

“Untuk air terjun kita serahkan ke desa untuk pembangunannya melalui dana desa. Saya sudah sarankan dalam Musrenbang desa agar destinasi pariwisata juga bisa dipromosikan,” ungkap Lamaluta.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.