Pemkab Boltim Gelar Rakor dan Evaluasi Pertanggungjawaban APBDes

0
1107

Boltim, inatonreport.com-Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow  Timur (Boltim), menggelar kegiatan Rapat Kordinasi (Rakor) dan Evaluasi Pertanggungjawaban APBDes tahun angaran 2016, serta dirangkaikan dengan pekan panutan pelaporan pajak tahunan, di lantai 3 Kantor Bupati Boltim, Rabu (1/3).

Dalam sambutanya, Bupati Boltim Sehan Salim Landjar mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut pada dasarnya merupakan bagian pokok dari tugas pemerintah daerah, kecamatan, dan pemerintah desa,dalam melakukan pengawasan terhadap capaian kinerja penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) termasuk pendapatan negara sesuai dengan target yang telah di tetapkan dalam APBD maupun APBN.

Lanjut Sehan, dalam rangka meningkatkan penerimaan daerah yang bersumber dari PBB-P2, yang bersumber penerimaan daerah lainya, perlu dilakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan mengoptimalkan peran Sangadi dan Camat sebagai ujung tombak dalam menghimpun penerimaan daerah.

“Dengan membekali kemampuan mereka dalam memahami aturan dan tatacara, pengimplementasianya, termasuk pekan panutan pajak,” ucap Sehan.

Sehan juga menekankan kepada seluruh peserta yang hadir untuk berkomitmen meningkatkan PAD.

“Bapak dan ibu Sangadi serta seluruh Kepala SKPD, perihal yang tidak kalah penting yaitu berkaitan dengan  BPHTB pajak rumah makan dan penerimaan PAD lainya, baik dari pajak daerah maupun retribusi daerah.

Perlu adanya komitmen melalui berbagai kegiatan optimalisasi,  baik secara individu atau melalui kelembagaan, agar masyarakat selaku warga negara yang baik kesadaran membayar kewajiban berupa pajak yang telah ditetapkan negara maupun daerah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor KPP Pratam Kotamobagu Denny Tri Satrianto, Wabup Boltim Rusdi Gumalangit, Sekda Boltim Mohammad Assagaf, seluru pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Boltim, serta seluruh Sangadi(Kepala Desa) se-Kabupaten Boltim.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.