Kuda Boltim Juara Piala Kapolri, Eyang Tertarik Bangun Gelanggang Pacuan Kuda

0
1292

Manado, inatonreport.com – Kuda Pacu bernama Star Princes milik Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar SH, berhasil menjadi yang tercepat memperebutkan piala Kapolri di kelas terbuka 1600 kilometer, dalam ajang Pacuan Kuda Bhayangkara Cup 2017.

Kegiatan yang digelar di Gelanggang Pacuan Kuda God Bless Mapanget Manado (01/07) tersebut, diikuti oleh lima kuda dari beberapa daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yakni, Bold dari Manado, Star Princes dari Boltim, Dealova HRD dari Minahasa, Putri Ragey dari Minahasa, dan Gentleman dari Minahasa Utara (Minut).

Usai memenangi lomba, Eyang sapaan akrab Sehan mengatakan, event tersebut membuatnya ingin segera membangun sarana pacuan kuda di Boltim.

“Saya tertarik untuk membangun lapangan pacuan kuda, karapan sapi, dan didalamnya termasuk arena balap otomotif,” kata Eyang.

Eyang menambahkan, lokasi yang cocok untuk rencana pembangunan sarana tersebut yakni di Kecamatan Moat, tepat berhadapan dengan Danau moat.

“Saya perkirakan anggarannya tidak terlalu besar, tinggal perencanaannya dimatangkan. Olahraga berkuda di Sulut sangat banyak diminati sejak tahun 60-an. Semoga, ke depan setiap Pemda bisa sama-sama mengembangkan olahraga ini, karena punya nilai ekonomi dan pariwisata,” tambah Eyang.

Dikesempatan yang sama, Kadis Pariwisata Boltim, Mohammad Rizky Lamaluta SE berharap, kejuaraan pacuan kuda tersebut bisa dijadikan agenda rutin, apalagi sejak dulu kuda Sulut sudah cukup terkenal baik tingkat nasional maupun internasional.

“Diharapkan agenda seperti ini menjadi kejuaraan rutin sehingga dapat menarik minat banyak kalangan untuk berpartisipasi,” terang Rizky.

Terinformasi, kegiatan Pacuan Kuda diselenggarakan oleh Kepolisian Republik Indonesia bekerjasama dengan Polda Sulut, Pemprov Sulut, Pemkab Boltim, Kota Manado, Pordasi, Bhayangkara serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Boltim.

*Advertorial

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.