Tak Hanya Instansi, Masyarakat Ikut Disurvey

0
726

Kotamobagu, inatonreport.com – Laporan Akuntabilitas Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mulai menunjukkan trend positif. Raport hasil evaluasi KemenPan-RB penyusunan LAKIP mulai mendapatkan nilai baik.

Hari ini di Aula Rumah Dinas (Rudis) Wali Kota Kotamobagu, dilakukan evaluasi Sistim Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi. SAKIP itu sendiri merupakan produk akhir dari LAKIP.

Assisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Kotamobagu Drs. Nasrun Gilalom, mengingatkan, semua instansi di lingkup Pemkot Kotamobagu agar menyajikan laporan yang benar.

“Tolong diisi dengan benar laporannya,” kata Nasrun, saat membuka rapat evaluasi, Selasa (19/9) pukul 10.30 WITA.

Sementara, menurut Bagus salah seorang dari Tim KemenPan-RB, survey internal terutama telah dilakukan terhadap 100 pejabat di lingkungan Pemkot Kotamobagu.

“Selain itu, ada pula survey eksternal yang dilakukan kepada instansi seperti UGD dan Discapil,” kata Bagus.

Survey tersebut dilakukan oleh pihak ketiga yang ditunjuk Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi. Survey ini dilakukan untuk melihat sejauh mana reformasi birokrasi pelayanan masyarakat telah dicapai.

“Sistim Akuntabilitas Kinerja yang berkelanjutan diperlukan sehingga diperoleh hasil yang baik. Selain itu, kegiatan evaluasi ini dimaksudkan untuk melihat sejauhmana rekomendasi ditindaklanjuti,” ujar Bagus.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.