Adnan: Pemasangan CCTV Bukan Meminimalisir Kejahatan, Tapi untuk Menguatkan Bukti Kejahatan

0
948
ilustrasi. @tribunnews.com

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Smart city tak hanya menghadirkan berbagai kemudahan pelayanan masyarakat lewat berbagai macam aplikasi yang bisa diakses lewat android, tapi juga menciptakan rasa aman bagi warga lewat pemasangan CCTV.

“Ada lima titik telah dipasangi CCTV,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, pagi ini saat memimpin apel di halaman kantor Wali Kota, Rabu (4/10).

Meski baru lima, namun dinilai telah mampu memantau situasi keamanan dan lalu lintas.

Menanggapi terpasangnya CCTV, Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu, Adnan Massinae, menyatakan, dipasangnya CCTV tidak sertamerta menurunkan angka kejahatan. Akan tetapi, hadirnya CCTV dapat memberikan bukti kuat terjadinya kejahatan.

Ia beranggapan, kejahatan akan timbul jika ada niat dari pelaku. Yang bisa mengurangi kejahatan, lebih kepada religiusitas seseorang. Kejahatan yang telah terjadi, dapat dibuktikan dengan rekaman CCTV, apabila pelaku tidak mengakui perbuatannya.

Agar pemantauan situasi wilayah yang lebih baik lagi, Diskominfo berencana akan memasang CCTV di tiap desa dan kelurahan pada 2018 mendatang.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.