Sempat Diperdebatkan, Sebenarnya Berapa Luas Kota Kotamobagu?

0
1022

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Luas Kota Kotamobagu sempat menjadi perdebatan panjang saat kunjungan Dewan Ketahanan Nasional (DKN) belum lama ini. Pasalnya, UU nomor 4 tahun 2007 menyebutkan bahwa luas wilayah Kota Kotamobagu 68 Km persegi.

Sementara, Mantan Kabag Tapem Edo Mokobela, menyatakan , luas wilayah Kota Kotamobagu adalah 100,5 km persegi. Ada juga yang menyebutkan luas Kota Kotamobagu 132 km persegi.

Berapa sebenarnya luas Kota Kotamobagu?

Menurut Kabag Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Kotamobagu, Anas Tungkagi, luas sebenarnya kotamobagu adalah 108 km persegi.

“Mengacu ke Permen 13 Tahun 2015 batas antara Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) atau lebih dikenal pembicaraan segmen pertama belum mengalami perubahan. Pembicaraan antara Kotamobagu dan Bolmong atau segmen berdasarkan Permen 68 Tahun 2017 dan dihitung secara manual berdasarkan peta yang diberikan luas Kotamobagu 108 km persegi,” terang Anas.

Dalam waktu dekat, Badan Informasi Geoparsial (BIG) akan menyerahkan hasil penghitungan menggunakan satelit.

“Hitungannya sama dengan hitungan manual, hanya surat keterangan itu menyatakan luas wilayah sesungguhnya dari Kota Kotamobagu,” papar Anas.

Lebih jauh Anas menerangkan, akibat bertambahnya luas Kota Kotamobagu dari 68 km persegi menjadi 108 km persegi, Kotamobagu memperoleh tambahan DAU. Menurutnya, tambahan DAU bisa mencapai Rp40 miliar.

Dana sebesar itu, kata Anas, bisa membantu Pemerintah Kota (Pemkot) dalam melaksanakan program pembangunan yang agak tersendat akibat adanya pemotongan anggaran dari pemerintah pusat. Diperkirakan, DAU Kotamobagu 2018 akan meningkat dengan berubahnya luas wilayah Kotamobagu.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.