Cegah Rabies, Dispertanak Boltim Lakukan Vaksinasi

0
873

Boltim, Inatonreport.Com – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melakukan vaksinasi rabies di sejumlah kecamatan di Boltim.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Perkebunan, Kusno Mamonto, mengatakan, pihaknya akan turun melakukan vaksinasi di dia kecamatan.

“Sekarang kita ada ketambahan vaksin sebanyak 500 dosis, dan kami akan turun memberikan vaksin terhadap anjing dan kucing di beberapa kecamatan, diantaranya Modayag dan Tutuyan” ujar Kusno, di ruang kerjanya, Rabu (22/11).

Sebelumnya, lanjut Kusno, pihaknya sudah menghabiskan 1250 dosis untuk vaksin, dan akhir tahun ini ketambahan 500 dosis vaksin.

“Kalau mau pesan banyak takutnya tidak akan habis vaksinnya, sebab tinggal satu bulan ini memasuki tahun Anggran baru,” ungkap Kusno.

Untuk Anjing, lanjut Kusno, sudah seribu lebih yang telah di vaksinasi oleh Dispertanak Boltim, dan sekarang pihaknya sedang melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak lain seperti babi.

“Itu sudah dua ratus lebih yang kami vaksin,” terang Kusno.

Kusno mengimbau agar masyarakat yang mempunyai hewan ternak terutama anjing dan kucing harus di vaksinasi untuk mencegah rabies yang sangat berbahaya bagi manusia.

“Masyarakat yang mempunyai hewan seperti anjing dan kucing harus di vaksin karena gratis. Dan hindari anjing-anjing liar karena sangat berisiko terhadap masyarakat. Lebih baik jika ada anjing liar dimusnakan saja,” tandas Kusno.

Berdasarkan data yang ada, tahun 2017 ada dua kasus rabies, yang terjadi di Desa Tutuyan Tiga dan Bangunan Wuwuk Timur.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.