Dana Desa harus Bisa Mengintervensi Pengembangan Wisata

0
929

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, berharap Pemerintah Desa (Pemdes) Sia dapat mengalokasikan Dana Desa untuk pengembangan wisata alam di desa.

“Dari puncak Sia, kita dapat melihat pemandangan Kotamobagu. Diharapkan Dana Desa dapat mengintervensi pengembangan potensi wisata alam Desa Sia,” ujar Tatong, saat meresmikan sejumlah proyek tahun anggaran 2017, Kamis (25/1).

Dengan ditunjang fasilitas memadai, lanjut Tatong, wisata alam Desa Sia dapat menjadi alternatif warga untuk berwisata tanpa harus ke luar daerah.

“Wisata alam Desa Sia sangat bagus. Bila ditambah dengan fasilitas lainnya, maka Sia akan menjadi tujuan orang rekreasi. Kita bisa menghadirkan gantole, kolam pemandian, atau tempat santai lainnya,” tambah Tatong.

Dengan hadirnya destinasi wisata baru di Sia, warga sekitar dapat memanfaatkan untuk berjualan serta mengenalkan kerajinan utama desa. Puncaknya, dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar lokasi wisata.

Selain wisata, tambah Tatong, potensi yang bisa dikembangkan adalah industri kerajinan ijuk.

Sejak dulu, Desa Sia terkenal dengan kerajinan sapu. Bahkan, 60 persen warganya adalah pengrajin sapu. Selain itu, kopi juga merupakan komoditi pertanian utama di Desa Sia.

“Ini patut dikembangkan. Hadirnya destinasi wisata baru di Sia, akan ikut menopang potensi lainnya,” terang Tatong.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.