Kepala DPMD Boltim: BPK akan Audit Pengelolaan Keuangan Desa

0
716

Boltim, Inatonreport.Com Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Slamet Umbola, memastikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) turun untuk melakukan audit pengelolaan keuangan desa.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Bupati Boltim, Sehan Landjar SH, jika setiap penggunaan keuangan negara harus di periksa.

“Lebih jelasnya, bahwa setiap penggunaan keuangan negara harus di audit baik oleh auditor internal dalam hal ini inspektorat daerah, maupun oleh auditor eksternal yakni BPK,” ungkap Umbola.

Umbola mengatakan, hal demikian sudah menjadi tugas BPK untuk melakukan pemeriksaan keuangan desa.

“Sehingga hal ini juga wajar apabila pemerintah daerah dalam hal ini Pak Bupati memberikan arahan kepada kepala desa, untuk mempersiapkan administrasi atas penggunaan keuangan desa,” terang Umbola.

Umbola mengungkapkan, Dinas PMD dalam waktu dekat akan mengawal Pemdes melalui kegiatan monitoring, evaluasi, fasilitasi dan pembinaan.

“Untuk itu di imbau kepada Pemdes agar dalam mengelola keuangan desa selalu berdasarkan aturan yang berlaku. Dinas PMD juga telah menurunkan surat undangan rapat koordinasi kepada semua yg terkait yaitu TA P3MD, PD, PDTI, PLD, SKPD terkait dan camat, untuk membahas persiapan dalam rangka pendampingan kepada Pemdes dalam pembenahan administrasi sehubungan dengan pemeriksaan BPK,” tutup Umbola.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.