Pertajam Naluri, Kodim 1303/BM Gelar Latnis Intel

0
745

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Kepala Staf Kodim(Kasdim) 1303/BM Mayor Inf Burhan, memimpin sejumlah personel Kodim 1303/BM, yang mengikuti pelatihan tehnis (Latnis) Unit Intel, bertempat di Aula Makodim 1303/BM, Selasa (10/7).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Prajurit Kodim 1303/BM yang memiliki kualifikasi di bidang intelijen. Rencananya latihan yang di buka Selasa (10/7), akan digelar selama 5 hari.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1303/BM Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono SSos, melalui Kasdim, menjelaskan, kegiatan Latnis intelijen Kodim 1303/BM merupakan program dari Komando atas yang wajib dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan intelijen bagi prajurit yang memiliki kualifikasi intel sesuai dengan bidangnya masing masing.

Mengingat semakin pentingnya Deteksi dini (Deni) dan Cegah dini (Ceni) terhadap suatu permasalahan yang timbul, maka insan intelijen perlu dibekali pengetahuan yang cukup, agar tugas-tugas satuan intelijen dilapangan dapat bekerja dengan baik sesuai yang diharapkan.

Kasdim juga menyampaikan bahwa tugas intelijen terdiri dari pengamanan, penyelidikan, dan penggalangan. Namun tanpa pendidikan dan pelatihan yang baik maka tugas pokok intelijen tersebut tidak mungkin dapat terwujud.

“Intelijen itu terkait dengan kehidupan, intelijen itu terkait dengan dinamika. Dinamika selalu berubah-ubah, dan kehidupan selalu bergulir, sehingga intelijen harus selalu dikembangkan dan harus selalu diperbaharui. Konsep dasar maupun doktrin tidak boleh dilupakan namun metode, tehnik, maupun taktik harus selalu dirubah,” tutur Kasdim.

Terakhir Kasdim menyampaikan, bahwa dengan adanya latihan kali ini diharapkan setiap insan intelijen khususnya anggota Kodim 1303/BM selalu waspada dan peka terhadap perkembangan lingkungannya.

*Abadyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.