Virus Flu Burung Diduga Menyerang Wilayah Boltim

0
818

Boltim, Inatonreport.Com – Virus flu burung diduga mulai menyerang unggas di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Hal tersebut tentunya membuat masyarakat menjadi khawatir ketika unggas peliharaan mereka mati mendadak.

Informasi yang dirangkum media Inatonreport.Com menyebutkan, unggas ayam dan bebek di DesaTutuyan Bersatu, Tombolikat, Togid dan Kayumoyondi di Kecamatan Tutuyan di duga ikut terjangkit virus flu burung.

Demikian juga di Kecamatan Kotabunan, Motongkat, Nuangan, Modayag Barat juga di duga ikut terjangkit virus berbahaya tersebut.

Menurut penuturan warga Desa Tutuyan 2, Yanto, jika peristiwa tersebut sudah terjadi sejak bulan Mei 2018 lalu.

“Kami semua merasa takut dan gelisah saat mendengar informasi bahwa di Tutuyan sudah dimasuki flu burung, apalagi yang terjadi pada ternak ayam saya yang mati secara mendadak. Saya khawatir kalau sampai menjangkiti manusia,” ujar Yanto.

Menangapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Ir Setiono, saat bersua dengan awak media mengatakan, agar masyarakat lebih berhati-hati dalam mengonsumsi segala macam makanan yang berhubungan dengan unggas, jangan sampai memakan makanan sejenis daging ayam dan itik juga telur yang sudah terinveksi virus tersebut.

Terlebih, lanjut Setiono,  saat membeli makanan siap saji yang tidak diketahui secara jelas apakah unggas tersebut di sembelih dalam keadaan sehat atau sudah terjangkit virus flu burung.

“Dinas Pertanian sudah membagikan obat jenis vaksin khusus unggas di setiap desa se-Kabupaten Boltim. Semoga ini dapat membantu dan mengurangi kekhawatiran masyarakat,” ucap Setiono.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.