13 CJH Boltim Diberangkatkan ke Tanah Suci

0
1162

Boltim, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) diwakili Sekretaris Daerah Ir Hi Muhammad Assagaf, melepas secara resmi keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Boltim, di Masjid Darul Jannah Tutuyan, Sabtu (11/8).

Dari 13 CJH asal Boltim, 1 CJH dimutasikan ke Bolmong Induk karena faktor usia. 13 orang CJH yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 13 Embarkasi Balikpapan akan meninggalkan Manado pada 12 Agustus 2018.

Dalam sambutannya, Assagaf mengucapkan selamat kepada 13 CJH yg akan berangkat ke tanah suci. Kata Dia, ibadah haji merupakan anjuran Allah bagi yang mampu.

“Jaga diri dan jaga kesehatan. Dahulukan fardhu rukun haji sebelum melakukan yang sunah,” pesan Assagaf.

Assagaf juga mengingatkan untuk memperbanyak doa di tempat mustajab diantaranya Multazam, Arafah dan Raudah.

“Tolong doakan Boltim Insya Allah dijaga AllahSWT,” pinta Assagaf.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Boltim, Ahmad Soleh menambahkan, sebelum diberangkatkan ke tanah suci, CJH Boltim akan bergabung dengan CJH se-Bolmong Raya, Sanger, Talaud, Minsel, Minahasa, dan akan diterima di Asrama Haji Manado oleh Gubernur Sulut untuk selanjutnya di lepas menuju Balikpapan dan kemudian ke Jeddah.

“JCH Boltim masuk Kloter 13. Sejak 2017 seluruh embarkasi menggunakan kloter besar. kalau tahun lalu 1 pesawat 350 sekarang sudah 450 dalam 1 kelompok terbang,” terang Sholeh.

Sholeh mengungkapkan, skor indeks kepuasan pelayanan haji tahun terakhir merupakan skor tertinggi dalam delapan tahun terakhir. Sehingga lanjut dia, bila ada pelayanan kurang memuaskan untuk segera dilaporkan.

“Selama 40 hari di tanah suci apabila merasakan pelayanan kurang maksimal bisa disampaikan langsung baik lisan maupun tertulis, untuk bahan evaluasi penyelenggaraan haji di tahun-tahun yang akan datang,” tutur Sholeh.

Untuk diketahui, sesuai data Siskohat Kemenag per April 2018 data CJH yang sedang menunggu sebanyak 3.300.000 orang. Dari 34 Provinsi se-Indonesia, Sulut adalah salah satu daerah dengan masa tunggu terpendek yaitu 10 tahun.

Acara pelepasan turut dihadiri Ketua TP-PKK Boltim Nursiwin Dunggio yang ikut memberikan santunan tali kasih kepada 13 CJH.

*hms/Andyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.