Danramil Bintauna Hadiri Kegiatan Pencanangan Imunisasi Campak dan Rubella

0
838

Bolmut, Inatonreport.Com – Danramil 1303-15/Bintauna, Kapten Inf Edi Sakli, bersama Forpimka dan Puskesmas Kecamatan Bintauna melaksanakan kampanye perencanaan imunisasi MR, bertempat di SMPN 1 Bintauna Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolmut, Rabu (1/8).

kegiatan kali ini mengangkat tema “Mari Jo Torang Sama-Sama Lindungi Aanak dan Keluarga Kita dari Bahaya Campak dan Rubella”.

Danramil 1303-15/Bintauna Kapten Inf Edi Sakli disela-sela kegiatan mengemukakan, kegiatan ini merupakan program pemerintah terutama di bidang kesehatan anak-anak dengan maksud dan tujuan melindungi dari kecacatan dan bahkan menyebabkan kematian yang diakibatkan oleh penyakit campak.

“Oleh karena itu, dengan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) ini, diharapkan tidak ada lagi anak di wilayah Kecamatan Bintauna yang menderita penyakit campak, sehingga dapat mewujudkan anak sehat, cerdas dan pintar sebagai harapan bangsa,” ujar Sakli.

Sementara, Kepala Puskesmas Kecamatan Bintauna, Fitriani Ponongoa SST, menegaskan, bahwa kampanye imunisasi MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal, sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

“Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah,” Kata Fitriani.

Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

Bulan September, imunisasi MR diberikan untuk bayi usia 9 bulan hingga anak usia 7 tahun, dan dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan sarana pelayanan kesehatan lainnya.

“Ayo, lindungi buah hati anda dari kesakitan, kecacatan, dan kematian karena penyakit campak dan rubella. Cegah penyakit campak dan rubella dengan imunisasi,” ajak Fitriani.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.