Penyandang Disabilitas dapat Pelatihan dari Dinsos Boltim

0
714

Boltim, Inatonreport.Com Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bekerjasama dengan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Penyandang Disabilitas Netra Panti Sosial Bina Netra (PSBN) “Tumou Tou” Manado, menggelar bimbingan dan pelatihan keterampilan bagi penyandang disabilitas, di Balai Desa Bongkudai, Rabu (8/8).

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial, Tuna Sosial dan Perdagangan Orang, Vivi Dunggio SE, mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk sinergi antara Pemerintah Kabupaten Boltim dengan Kementerian Sosial RI, untuk menuntaskan disabilitas netra.

“Pelaksanaan kegiatan ini menjadi tanggung jawab kami demi menurunkan angka penyandang disabilitas netra,” ungkap Vivi.

Vivi menuturkan, selain memberi bantuan dan melakukan pemeriksaan kesehatan, pihaknya juga memberi bimbingan sosial dan mental serta pelatihan keterampilan sesuai dengan minat dan bakat para penyandang disabilitas.

“Setelah mengikuti bimbingan dan pelatihan keterampilan, diharapkan mereka akan mandiri dan percaya diri serta nantinya dapat berkiprah di lingkungan masyarakatnya masing-masing,” harap Vivi.

Sementara, Kepala PSBN Tumou Tou, Dra Kamsiaty Rotty MPd, mengaku, kegiatan yang diikuti sebanyak 20 orang penyandang disabilitas se-Boltim tersebut, akan dilaksanakan selama 2 hari terhitung sejak 8 sampai 9 Agustus 2018.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan program dari UPSK Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo, dan ini kali ke-4 dilaksanakan,” singkat Rotty.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.