Asah Kemampuan Menembak, Personel Kodim 1303 Gelar Latihan

0
828

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Untuk memelihara kemampuan dan keterampilan dasar prajurit, Kodim 1303/Bolmong menggelar Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) periode Triwulan III Tahun 2018, di lapangan tembak Mako Brimob Desa Inuai Kecamatan Pasi Barat Kabupaten Bolmong, Kamis (20/9/2018).

Latihan menembak hari kedua ini diikuti personel Kodim 1303/Bolmong yang terdiri para perwira, bintara dan tamtama.

Koordinator menembak senjata laras panjang SS1, Kapten Inf Jany Mamangkey yang kesehariannya menjabat sebagai Danramil 1303-08/Bolaang Uki, dan Koordinator menembak pistol FN adalah Lettu Inf Muyasir (Pasiter Dim 1303/Bolmong).

Dandim 1303/Bolmong, Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono SSos, mengatakan, tujuan dilaksanakannya latihan menembak tersebut adalah untuk membina dan memelihara kemampuan menembak senjata perorangan dasar, yang harus dimiliki seorang prajurit dalam rangka memenuhi tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks.

“Walaupun setiap harinya Babinsa mendampingi para petani, kemampuan menembak Babinsa juga harus dipelihara,” ujar Sigit.

Menurut Sigit, kemampuan menembak merupakan salah satu kemampuan dasar tempur prajurit, yang harus terus dibina dan ditingkatkan melalui latihan yang terencana dan terprogram, serta dievaluasi secara terus menerus guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

“Selain merupakan program rutin, sasaran yang harus dicapai dalam latihan ini yaitu prajurit mampu menembak dengan perkenaan yang maksimal, dan mampu mengatasi permasalahan tehnis menembak di lapangan dengan cepat, tepat dan benar,” tutup Sigit.

Diketahui, kegiatan tersebut dilaksnakan mulai tanggal 19 sampai 21 September 2018, dengan menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 Varian, dan dengan jarak 100 meter dengan menggunakan 3 sikap yaitu tiarap, duduk dan berdiri. Sedangkan untuk senjata pistol dengan jarak 25 meter dengan menggunakan 1 sikap yaitu berdiri.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.