Pemdes Kotsel akan Kembangkan Budidaya Kepiting Bakau

0
608

Boltim, Inatonreport.Com – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Kotabunan Selatan (Kotsel) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berencana mengembangkan budi daya kepiting bakau, Kamis (4/10/2018).

Sangadi (Kepala Desa-red) Kotabunan Selatan, Rengga Paputungan mengatakan, pengembangan budi daya kepiting di Desa Kotabunan Selatan tinggal menunggu pencairan Dana Desa (DD) tahap tiga.

“Budidaya Kepiting yang sudah masuk musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang-Des) dari tahun 2017, itu tinggal menunggu waktu pelaksanaannya. kalu sudah cair DD tahap tiga, kita akan mulai menjalankan program budi daya kepiting yang sudah di gaungkan sejak 2017,” ujar Paputungan.

Menurutnya, persiapan lahan untuk budi daya kepiting sudah siap tapi masih terkendala dengan Dana tahap tiga yang belum bisa cair karena masaalah pajak di desa yang baru mencapai 65 persen.

“Persiapan lahan kami sudah siap. namun kami masih menunggu DD tahap tiga. Jika pajak di desa sudah memenuhi syarat dan DD tahap tiga sudah bisa dicairkan, kami akan mulai menjalankan program budi daya kepiting ini, kemudian kami akan membentuk kelompok yang bertanggung jawab terkait pemeliharaan kepiting ini,” terangnya.

Lebih jauh Sangadi menjelaskan, terkait program budi daya kepiting tersebut, dana yang akan di persiapkan sekitar 374 juta rupiah bersumber dari Dana Desa (DD) tahap tiga.

Diapun berharap masyarakat di desa Kotsel agar koperatif terkait pajak.

“Mohon kerja samanya karena segala kegiatan yang kita laksanakan tergantung pajak kami. Jadi kalau ada masyarakat yang sudah berkesempatan, selesaikan tunggakan pajak karena itu kewajiban kami ke negara. Kalau ada kedala, koordinasikan dengan kami selaku pemerintah desa,” tutup pria yang sering disapa Papa Alam ini.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.