Babinsa Dampingi Poktan Inaton Jaya Tanam Benih Jagung

0
624

Bolmong, Inatonreport.Com – Koramil 1303-07/Dumoga, Babinsa Desa Dondomon Serda Duwi Setyo, tak sungkan terjun langsung bersama Poktan Inaton Jaya, menanam benih jagung varietas Bisi-18 di lahan seluas 1 hektar milik Jeen, warga Desa Dondomon Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolmong, Jumat (16/11/2018).

Menurut keterangan Duwi, bahwa tanaman jagung adalah salah satu tanaman pangan kedua setelah padi dan banyak dimanfaatkan sebagai makanan pokok di beberapa daerah. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan seperti untuk jagung bakar, batang dan daunnya sebagai pakan ternak, bahan baku makanan ringan serta sejumlah manfaat lainnya.

“Untuk itu, pendampingan ketahanan pangan yang dilakukannya bersama PPL, tidak hanya ditujukan bagi petani yang menanam padi, namun petani yang menanam tanaman jagung dan kedelai juga termasuk di dalamnya,” ungkap Duwi.

Terpisah, Danramil 1303-07/Dumoga, Lettu Inf Felix Rawung, menuturkan, pendampingan terhadap petani dan kelompok tani menjadi tugas tambahan Babinsa dalam menyukseskan program swasembada pangan. Dan ini bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan dalam meningkatkan hasil produksi pertanian, baik padi, jagung maupun kedelai (Pajale) di wilayah binaan.

Pendampingan yang dilakukan Babinsa sudah dimulai sejak pemilihan benih atau varietas yang cocok dengan kondisi geografi, penyiapan dan pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan hingga saat panen.

“Kehadiran Babinsa harus bisa mengajak dan memotivasi para petani agar mengolah lahan dengan baik, tepat dan benar sehingga produksi pertanian meningkat dan dengan sendirinya pendapatan petani akan bertambah,” jelas Danramil.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.