Meriahnya Festival Tulude di Bolsel Jadi Bukti Kearifan Lokal

0
570

Bolsel, Inatonreport.Com – Kemeriahan mewarnai wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang tengah merayakan Festival Tulude, yang dipusatikan di Desa Dumagin A Kecamatan Pinolosian Timur, Senin (11/2/2019).

Kemeriahan tersebut lebih terasa ketika festival tersebut dihadiri Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru SPt, dan mantan Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang saat ini juga maju sebagai Caleg DPR RI, Haji Herson Mayulu (H2M), dengan menggunakan pakaian adat Nusa Utara.

Dan tentunya, ribuan masyarakat se-BMR dan luar BMR turut memerihkan Festival Tulude yang menjadi event tahunan di Bolsel.

Berbagai pagelaran seni adat religius ditampilkan di depan kedua tokoh ini, seperti Tari Masamper, Tari Ampat Wayer, serta pemotongan kue Tamo.

Pada kesempatan tersebut, Kamaru, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersyukur atas anugerah Tuhan di sepanjang tahun 2018 dan di awal tahun yang baru 2019.

“Pelaksanaan Tulude merupakan ungkapan syukur pada Tuhan atas perlindungannya selama tahun 2018 kemarin, serta menyambut tahun 2019 dengan penuh suka cita bersama,” kata Kamaru.

Kelaksanaan Tulude, lanjut Kamaru, sangatlah erat hubungannya dengan toleransi umat beragama di daerah. Paling tidak, Pemkab Bolsel dalam menciptakan kerukunan umat beragama, tergambar dalam berbagai kegiatan religius dan budaya yang diyakini masyarakat Bolsel.

“Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan memiliki kekayaan budaya adat daerah. Salah satu diantaranya adat budaya Sangihe Talaut dengan Festival Tulude yang digelar bersama ini,” ujar Kamaru.

Kamaru menegaskan, Festival Tulude merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang perlu di lestarikan.

“Mari kita jaga bersama tali silaturahim persaudaraan dalam ragam etnis budaya daerah,” ungkap Kamaru.

*Adve

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.