Pemdes Kayumoyondi Rampungkan Pamsimas

Boltim, Terkini1 Views

Boltim, Inatonreport.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Kayumoyondi, Kacamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tak hentinya penuhi kebutuhan masyarakat ekonomi menengah kebawah, Rabu (6/2/19).

Dari sebelumnya telah menyerahkan berbagai macam bantuan, hingga pembuatan jalan perkebunan dan pembuatan Mandi Cuci Kakus (MCK) di lokasi pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH). Kini, Pemdes Kayumoyondi rampungkan program lanjutan Program Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Dari program sebelumnya yang didanai oleh APBD dan APBDes 2017, pada tahun 2018, Desa Kayumoyondi melakukan lanjutan program dan memakai anggaran murni Dana Desa (DD). Sangadi (Kepala Desa) Kayumoyondi Masrianto Patra melalui Sekertaris Desa, Muksin Gobel mengatakan, ini adalah program 2017 dan dikembangkan melalui DD 2018.

“Dari segi panjang dan volume jaringan hingga jumlah penerima, itu semua ada penambahan,” ujar Muksin.

Kata Muksin, pekerjaan tersebut sudah rampung sejak Desember 2018. “Khusus jaringan, penambahan panjang volume pipa ada tambahan 800 meter, untuk meteran rumah ditambah 50 meter dan memakai pipa besi untuk jaringan. Anggaran pun mencapai 107 juta rupiah menggunakan DD tahap 3 tahun 2018,” pungkasnya.

Ia menambahkan, untuk pembayaran iuran air per-kubiknya cukup murah. Kerena ini dikhususkan untuk kalangan masyarakat ekonomi menengah kebawah.

“Sesuai kesepakatan pada rapat bersama dengan masyarakat pengguna Pamsimas yang belum lama ini digelar, Kami sudah menyetujui bahwa pengguna hanya membayar sejumlah Rp 1.500/kubik,” pinta Sekdes Muksin.

Dirinya berharap, masyarakat dapat terbantukan dengan apa yang disediakan oleh pemerintah.

“Semoga masyarakat dapat menikmati air bersih dan murah ini. Dan jangan lupa kerjasamanya masyarakat untuk pemeliharaan jaringan,” kunci Muksin.

*Anto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.