Pesan Bupati Bolsel pada Peringatan Harkitnas ke 111

0
369

Bolsel, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Iskandar Kamaru SPt, memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111, dan Apel Korpri di lapangan upacara Kantor BKPSDM, Senin (20/5/2019).

Harkitnas ke 111 mengambil tema “Bangkit Untuk Bersatu”. Bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Kamaru mengatakan, peringatan Harkitnas yang ke 111 sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa. Apalagi sumpah tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

Terlebih, saat ini bangsa Indoensia berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat.

“Alhamdulillah, sampai saat ini tahapan-tahapan pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar.
Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam Pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan Bangsa,” ujar Kamaru.

Kelancaran Pemilu 2019, lanjut Kamaru, tak terlepas dari jasa anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Sambil mengirim doa bagi ketengan jiwa para pahlawan demokrasi yang telah gugur, alangkah eloknya kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan perhitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang, dalam waktu yang tidak lama lagi,” tambah Kamaru.

Terlepas dari persoalan Pemilu, peringatan Harkitnas kali ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Sehingga merupakan momentum Bagi umat muslim untuk mengejar pahala dan meninggalkan perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

“Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadhan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali Fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita,” jelas Kamaru.

Kamaru mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membangkitkan semangat gotong royong, sebagaimana yang diserukan oleh Presiden Joko Widodo di depan sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia tahun 2018.

“Meski kita gali dari kearifan nenek moyang kita yang telah dipupuk selama berabad-abad, namun sejatinya jiwa gotong royong bukanlah semangat yang sudah renta. Sampai kapan pun semangat ini akan senantiasa relevan, bahkan semakin mendesak sebagai sebuah tuntutan zaman yang sarat dengan berbagai perubahan. Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja. Kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan,” papar Kamaru.

Pada kesempatan tersebut, Kamaru kembali mengangkat staf khusus bidang hukum, DR Arifin Tumuhulawa MH.

Terpantau, hadir pada upacara, Sekretaris Daerah (Sekda) Marzansius Arvan Ohy, para ssisten, pimpinan OPD, camat, sangadi, kepala sekolah beserta guru, Kepala Puskesmas, dan tenaga honorer.

*Adve

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.