Mongkonai Jadi Pusat Budidaya Nenas Madu di Kotamobagu

0
553

Kotamobagu. Inatonreport.com – Siapa sangka Kota Kotamobagu merupakan salah satu daerah yang baik bagi budidaya nenas. Nenas madu merupakan jenis nenas yang mulai dibudidayakan di Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kotamobagu.

Jenis nenas madu ini awalnya berasal dari Kota Bogor, Jawa Barat. Kemudian, diupayakan dibudidaya di Kotamobagu, dan ternyata berhasil.

“Baiknya, nenas madu hasil budidaya ini malah menghasilkan varietas baru,” kata Ramjan Mokoginta, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perikanana Kotamobagu, Jumat(21/6).

“Perbedaan varietas baru dari asalnya yaitu rasanya manis dan gurih. Varietas ini muncul dari adaptasi tanaman dengan tanah sehingga memunculkan varietas baru yang tidak sama dengan bibit dari Bogor,” terangnya.

Luas lahan tanam nenas ini diprediksi mencapai 136 ha. Dengan hadirnya nenas madu Kotamobagu lebih memerkaya khasanah produk unggulan Kota Kotamobagu. Produksi nenas madu Mongkonai ini diolah menjadi selai dan jus. Produk olahan ini diharapkan lebih menaikan nilai jual produksi nenas.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.