Gelombang Tinggi, Nelayan Asal Bulawan Memilih Tidak Melaut

0
362

Boltim, Inatonreport.Com – Gelombang tinggi yang melanda wilayah perairan selatan Bolaang Mongondow Timur (Boltim) beberapa hari terahir ini, berdampak terhadap aktivitas nelayan di Desa Bulawan, Kecamatan Kotabunan. Mereka terpaksa memilih tidak turun melaut.

Saat ditemui di kediamannya, Roni Daluas dan Usman Olii mengaku, saat ini cuaca lagi buruk, gelombang air mencapai 2 (dua) meter sampai tiga meter, Selain itu, angin yang bertiup di wilayah perairan selatan cukup kencang dan sering turun hujan, jadi mereka memilih tidak turun melaut.

Meskipun begitu kata keduanya, ada beberapa teman nelayan tetap melaut karena kebutuhan sehari-hari. Mereka pergi dini hari atau pagi hari dan pulang menjelang siang sebelum terjadi gelombang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Boltim, Elvis Siagian ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa saat ini perairan laut di Sulawesi Utara (Sulut) termasuk perairan Boltim lagi gelombang tinggi berdasarkan pemberitahuan yang dikeluarkan oleh BMKG pada pukul 05:43 Wita Jumat, 12 Juli 2019 hingga Senin, 15 Juli 2019 08:00 Wita.

Dia pun mengimbau masayarakat Boltim khsusunya wilayah pesisir pantai agar tetap waspada, selain gelombang tinggi, wilayah Boltim juga kerap terjadi angin kencang.

“Boltim salah satuwilayah yang berpotensi diterpa angin kencang, jadi masayarakat waspada terutama para nelayan, jika terjadi gelombang tinggi dan angin kecang agar tidak turun melaut,” imbaunya.
*

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.