Pemkab Bolsel Gelar Sosialisasi PATEN

0
521

Bolsel, Inatonreport.Com – Pemkab Bolsel menggelar sosialisasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), bertempat di Kantor Kecamatan Bolaang Uki, Rabu (18/9/2019).

Bupati Bolsel, Hi Iskandar Kamaru SPt, yang di wakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ramli Abdul Majid, mengatakan, pelayanan publik (public service), bertujuan untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat, baik sebagai individu, penduduk maupun warga negara.

“Sehingga, diperlukan lembaga penyedia yang legitimate, yaitu negara dan pemerintah,” ujar Majid.

Di sisi lain, lanjut Majid, paradigma pelayanan ideal yang berkembang saat ini mengerucut pada kepuasan konsumen. Dan kepuasan itu akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” ucap Majid.

Majid menjelaskan, kecamatan merupakan pusat pelayanan masyarakat di tingkat kecamatan. Dan kini, kecamatan mendapat tugas baru yakni menjadi impelentator kebijakan otonomi daerah, serta menjadi pilar basis dalam perwujudan kepuasan konsumen.

“PATEN merupakan inovasi pelayanan administrasi yang dilakukan dengan mengubah pola pikir aparatur kecamatan untuk lebih efektif dalam menjalankan tupoksinya,” tutur Majid.

Sehingga, tambah Majid, kinerja pelayanan kecamayan yang efektif dapat mendorong serta mengoptimalkan kinerja kecamatan sebagai simpul Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Dan hal itu sejalan dengan cita-cita Pemkab Bolsel untuk mewujudkan masyarakat yang religius, berbudaya, bermartabatm maju dan sejahtera,” terang Majid.

*HS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.