Bersama Komunitasnya, Petani di Matali ini Mampu Produksi 15 Ton Cabai dalam Sepekan

0
330

Koamobagu, Inatonreport.Com – Lukman Nur, anggota Komunitas Mareta Totabuan (KMT), merupakan salah satu petani cabai yang cukup sukses di Kotamobagu.

Warga Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur ini, mengaku, , mampu menghasilkan Cabe dengan panen yang cukup maksimal yaitu 100 kilogram dalam sepekan untuk 1.000 Pohon.

“Untuk mendapatkan hasil seperti itu, tanaman cabai ini harus mendapatkan perlakuan khusus,”ujar Lukman.

Dengan hasil panen yang cukup melimpah, Lukman pun menerima kunjungan Dinas Pertanian Perikanan dan Perikanan Kotamobagu, Selasa (18/2/2020).

“Pagi ini Dinas Pertanian dan Perikanan datang dan melihat langsung hasil tanaman cabai yang kami kembangkan,” ungkap Lukman.

Lukman menambahkan, KMT juga berencana membuat varietas Cabe khusus lokal yang akan di beri nama Mareta Totabuan namun masih terkendala dengan peralatan.

“Kendalanya kami hanya peralatan saja seperti mesin jhonder, hand tracktor, kultifator. Bahkan, alat pembuat Bedeng yang kami pakai selama ini harus menyewa milik orang lain. Kami berharap, pemerintah bisa membantu peralatan-peralatan tersebut guna menunjang dan mempertahankan produksi cabai kami,” harap Lukman.

*Rid

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.