Buka MTQ ke-IV Tingkat Kabupaten, Wabup Boltim: Cintai Alquran

0
419

Boltim, Inatontreport.Com – Wakil Bupati Boltim, Drs Rusdi Gumalangit, membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VI tingkat Kabupaten Boltim.

MTQ kali ini mengusung tema “Dengan MTQ Kabupaten Boltim Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Profesional dan Qur’ani Menuju Indonesia Maju.”

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai Rabu (11/3) sampai jumat (13/3), bertemapat di Kapangan Arjuna, Desa Purworejo Kecamatan Modayag, dan di ikuti 154 perserta yang terbagi dari tujuh kecamatan yang ada di Boltim.

Menyampaikan pesan Bupati Boltim, Sehan S Landjar SH, Wabup Rusdi Gumalangit, mengatakan, pelaksanaan MTQ merupakan kegiatan yang telah menjadi tradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa.

“Kegitan bernuansa religius ini sudah termasuk agenda rutin tahunan pemerintah pusat serta pemerintah daerah Boltim,” ujar Gumalangit.

Kehadiran MTQ, lanjut Gumalangit, senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam hidup masyarakat. Sebab, MTQ bisa menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif.

“Terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah, dan mempunyai posisi sangat vital dalam rangka membangun mental spiritual akhlak banggsa,” urai Gumalangit.

Gumalangit, meyakini, MTQ mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan kesejukan batin bagi masyarakat.

“Karena Alquran memberikan pencerahan bagi siapa yang membacanya, serta menawarkan keteduhan batin bagi mereka yang mengamalkanya,” ungkap Gumalangit.

Gumalangit, berahap, MTQ dijadikan sebagai wahana mencetak generasi Qur’ani yang mencintai Alquran.

“Mencintai Alquran dengan seni lagu dan tulisannya, mencintai isi dan kandungannya, mencintai tuntunan pengalaman nilai dan ajarannya, serta mencintai kandungan budaya Islam yang ada di dalamnya,” kata Gumalangit.

Tak lupa, Gumalangit mengajak seluruh umat Islam yang berada di Kabupaten Boltim, agar selalu menghidupkan serta menerapkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Alquran.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.