Cegah Covid-19,Bupati Boltim Keluarkan Instruksi

0
457

Boltim, Inatonreport.Com – Dalam rangka menanggulangi penyebaran virus corona (Covid -19) langkah cepat terus dilakukan Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Itu terlihat dari sejumlah gerak cepat pemerintahan Bupati Sehan Landjar dan Wakil Bupati Rusdi Gumalagit. anggaran sebesar Rp 6 miliar pun segera disiapkan guna percepatan penanggulangan bencana Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) itu.

Hal itu terlihat dalam instruksi Bupati Boltim yang ditujukan kepada Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Selasa (24/03/2020).

Dalam instruksinya, Landjar memerintahkan 5 poin penting yang harus segera ditindaklanjuti sebagai upaya percepatan penanggulangan bencana Covid-19 di wilayah Boltim.

“Pertama, buat keputusan Pemda (Pemerintah Daerah, red) tentang keadaan darurat bencana wabah Covid-19 di Kabupaten Boltim yang mengacu pada keputusan Pemerintah Pusat dan Provinsi Sulawesi Utara,” ungkap Landjar dalam surat instruksinya.

Ia juga memerintahkan agar segera mempersiapkan anggaran untuk penyediaan Sembilan Bahan Pokok (Sembako). Hal itu ia lakukan untuk disalurkan kepada masyarakat yang terdampak akibat kebijakan pemerintah untuk tidak beraktivitas.

“Kedua, siapkan anggaran baik dari rasionalisasi APBD Dana Alokasi Umum dan DD 2020, sebanyak kurang lebih enam miliar rupiah untuk penyediaan sembako yang diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan dari kerja jasa harian yang terdampak akibat kebijakan pemerintah yang membatasi aktivitas diluar rumah juga keluar daerah demi pencegahan penyebaran virus corona,” perintahnya.

“Ketiga, segera meminta data penduduk, kepala keluarga yang wajib diberi bantuan sembako untuk empat belas hari. Besaran atau jumlah yang diberikan sesuai dengan jumlah jiwa setiap keluarga. Keempat, untuk pengadaan sembako di laksanakan sesuai peraturan yang berlaku. Kelima, untuk pelaksanaan hal di maksud, maka dimita agar Wabup dan Sekda segera bentuk tim untuk upaya dalam penyaluran bantuan,” imbaunya.

Selebihnya, orang nomor satu di Kabupaten Boltim itu meminta agar jajaran dengan segera menjalankan instruksi ini sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Demikian instruksi ini di sampaikan. Kepada saudara Wabup dan Sekda segera mengambil langkah cepat, baik pemenuhan biaya, pengumpulan data per Kepala Keluarga, dan tatacara penyaluran, agar dapat di pertanggungjawabkan sesuai peruntukan dan peraturan yg berlaku. Tertanda Bupati Boltim.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.