Enam Desa di Kotamobagu Terima ADD

0
332

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Enam desa di Kotamobagu, padapekan ini bakal menerima Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama.

Desa tersebut yakni Bungko, Poyowa Besar I, Tabang, Moyag Tampoan, Moyag Todulan dan Poyowa Kecil.

Kepala Bidang PMD, Rum Mokoagow, mengatakan, dana tersebut sudah masuk ke Rekening Kas Desa (RKD).

“Hingga hari ini, sudah enam desa yang menerima ADD untuk tahap pertama ini,” kata Rum, Rabu (18/3/2020).

Dijelaskannya, untuk ketentuan penyaluran ADD tahap kedua, berdasarkan laporan realisasi penyerapan tahap pertama minimal 50 persen, serta melampirkan review dari APIP atas penggunaan ADD tahap pertama dan laporan realisasi penggunaan ADD tahun sebelumnya.

“Tahun lalu, pencairan ADD tahap kedua harus realisasi 75 persen, tahun ini ada perubahan. Untuk Desa yang sudah merealisasikan ADD tahap pertama sebanyak 50 persen, sudah bisa mengajukan pencairan tahap kedua tapi harus melampirkan realisasi ADD tahun sebelumnya,” terangnya.

Rum menambahkan, untuk ketentuan penyaluran DD tahap pertama ada dalam Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomor 3 Tahun 2020, mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa, Perdes tentang APBDes dan surat kuasa pemindah bukuan Dana Desa.

“Untuk syarat pencairan tahap dua, laporan realisasi penyerapan dan capaian DD tahun sebelumnya dan laporan realisasi penyerapan tahap pertama paling sedikit 50 persen serta capaian output paling sedikit 35 persen,” tutupnya.

*Rid

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.