Bupati Lakukan Penanaman Perdana Jagung Manis Gerakan Tanam Pangan

0
439

Bolmong, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo melakukan penanaman perdana jagung manis dan penyerahan bantuan untuk mendukung ketahanan pangan, Rabu (6/5).

Bantuan ini diserahkan dalam rangka percepatan penanganan dampak Covid-19 Kabupaten Bolaang Mongondow.

Selain pemberian bantuan bibit tanaman jagung, padi, sayuran, dan sembako, hari ini juga disalurkan bantuan beras kepada warga terdampak Covid-19.

Bupati pada kesempatan tersebut mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah daerah kepada masyarakat.

“Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, berdampak besar terhadap ekonomi masyarakat. Ini terjadi karena pemerintah mengimbau masyarakat untuk tinggal di rumah saja,” kata Yasti.

Namun, bagi petani katanya, dengan diberikan bantuan bibit lalu ditanam, apalagi lahan tanamnya luas. Maka, itu menyehatkan. Selain itu, diperoleh pula pendapatan.

Lebih lanjut Yasti mengakui kebijakan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah sangat berdampak besar kepada keluarga berpenghasilan rendah.

Disatu sisi, katanya, harus mendengarkan anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Disisi lain, mereka harus berusaha memenuhi kebutuhan keluarga.

Untuk itu, pemerintah daerah memberikan bantuan berupa bibit dan sembako. Disamping itu diberikan pula bantuan berupa beras untuk kebutuhan sembilan bulan kedepan.

Mengapa bibit diberikan saat ini, dan harus segera ditanam. Hal itu dilakukan agar supaya pada empat bulan kedepan bibit yang ditanam sudah dapat dipanen, tandasnya.

Sehingga kebutuhan pangan dimasa Covid-19 ini dapat terpenuhi, ujarnya. Dia pun meyakini, Kabupaten Bolaang Mongondow sampai beberapa bulan kedepan masih surplus bahan pangan terutama beras dan jagung.

*Adve/Rid

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.