Gerakan SKPD Boltim Menanam di Lahan Kosong

0
333

Boltim, Inatonreport.Com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar pencanangan gerakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menanam,agar lahan kosong bisa dimanfaatkan.

Dipimpin langsung oleh Bupati Sehan Salim Landjar, SH acara pencanangan ASN atau SKPD Menanam dilaksanakan di lahan kosong kompleks perkantoran Kabupaten Boltim, Jumat 5/6/2020.

Dalam sambutannya bupati sampaikan bahwa SKPD menanam nantinya akan lebih diperluas cakupannya, sehingga menjadi Boltim Menanam. Dan pada hari ini kita telah memulai.

“Kita ketahui bahwa akibat dari pandemi Covid-19, sekarang sedikit ada kepanikan di masyarakat bahkan kepanikan global sehingga semua aktivitas sendi kehidupan termasuk kegiatan di bidang ekonomi terhambat, bahkan stagnan,” kata Bupati.

“Namun di tengah kepanikan akibat pandemi kita tidak perlu berhenti beraktivitas, kita harus tetap beraktivitas karena sehebat apapun virus corona tidak boleh dia menundukan manusia, caranya hanya dengan mengenali karakter virus tersebut bagaimana dia menyebar, bagaimana pengaruhnya dan bagaimana cara mengatasinya,” jelas Landjar.

Lanjutnya, apa yang kita lakukan hari ini adalah bagian dari menghadapi efek atau dampak dari covid-19 yang sejak awal saya ingatkan dan sampaikan bahwa akan terjadi perlambatan ekonomi bahkan cenderung stag.

“Kedepan lahan untuk menanam akan diperluas sehingga petani juga bisa menanam. Muda mudahan pandemi ini akan cepat berakhir dan kita semua tidak merasa pandang enteng dan sembrono sehingga pada pertengahan bulan Juni ini curva penyebaran akan cenderung menurun sehingga aktivitas kita akan pulih seperti sediakala walaupun recovery ekonomi diprediksi sampai pada tahun 2022,” ujar bupati dua periode ini.

Kepala Dinas Pertanian Boltim, Ir. Setiono juga menyampaikan, “pelaksanaan acara menanam hari ini adalah yang pertama. Melaksanakan realisasi dari surat edaran Menteri Pertanian, bahkan mungkin secara Nasional ini yang pertama,” kata Setiono.

Ia juga menjelaskan, tujuan dari Gerakan SKPD Menanam ini adalah untuk mengajak dan merangsang masyarakat ikut serta bersama sama melaksanakan penanaman komoditi pangan lokal untuk mencegah kelangkaan bahan dan krisis pangan. Meningkatkan semangat menanam bagi ASN di lingkup Pemda Boltim, tersedianya bahan pangan bagi masyarakat yang berkualitas dan seimbang bagi pemenuhan gizi masyarakat,” jelasnya.

Turut hadir pada acara tersebut. Kapolres Boltim, Perwira Penghubung Mewakili Dandim, ketua KNPI Boltim, Sekretaris Daerah, para asisten, staf ahli, pimpinan SKPD/OPD dan seluruh ASN.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.