Wawali Serahkan Bantuan Bibit Durian pada 4 Kelompok Tani

0
408

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan menyerahkan bantuan bibit durian secara simbolis di Kantor Dinas Pertanian Kotamobagu, Mogolaing, Senin (15/6).

Penyerahan bibit diberikan kepada 4 kelompok dengan rincian setiap kelompok memeroleh 250 bibit Durian Varietas Musang King. Bibit ini merupakan bibit yang telah memeroleh juara I tingkat nasional.

“Maksud pemberian bibi ini, yaitu menyediakan jenis buah durian yang baru, tahan terhadap hama dan penyakit dan memberikan pendapatan. Selain itu produksinya tinggi,” kata Kepala Dinas Pertanian, Muhammad Yahya.

Bibit durian varietas unggul ini diterima kelompok tani Sinobatu – Motoboi Besar, Mobalang – Poyowa Besar, Petani Negeri – Molinow, dan Maju Bersama – Motoboi Kecil.

Kata Yahya, nantinya kelompok tani ini nantinya akan membudidayakan durian verietas unggul ini di Kotamobagu.

Durian katanya, merupakan jenis buah yang banyak dicari. Ditambah lagi, durian merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah ini.

Dijelaskannya, mengapa jenis ini yang dipilih dikembangkan di Kotamobagu, karena jenis varietas Musang King cepat berbuah dan rasanya enak, berdaging tebal dengan daging berwarna kuning. “Sudah berbuah diusia tiga tahun,” terangnya.

Tapi biasanya direkomendasikan sebelum lima tahun buah jangan dulu dipanen. Hal itu dimaksudkan agar tanaman dapat berumur panjang, paparnya.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.