228 Unit Rumah Peroleh Bantuan Program BSPS Tahun 2020

0
328

Kotamobagu, Inatonreport.Com –
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kotamobagu, Chelsia Paputungan, Rabu pekan lalu mengatakan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah khusus DAK mulain disalurkan pekan ini.

Sebanyak 228 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kotamobagu yang memperoleh bantuan stimulus peningkatan kualitas rumah.

Menurut Chelsia, bantuan dalam bentuk material sudah mulai disalurkan khususnya BSPS yang bersumber dari dana APBN. Adapun BSPS yang bersumber dari dana DAK akan disalurkan pekan ini.

Bantuan berupa material untuk tiap unitnya senilai Rp 17.500.000,- . “Bantuan ini untuk peningkatan kualitas rumah. Dari rumah berdinding kayu, diganti dengan dinding beton,” katanya.

“Tapi ada juga pemilik rumah yang membongkar rumahnya, dan mulai membangun lagi dari pondasi, itu juga tidak apa-apa, asalkan sisanya ditanggung pemilik rumah,” tambahnya. Alasan mereka, membangun rumah tidak selalu dilakukan, sehingga dengan adanya stimulus ini, pemilik rumah menambah biayanya dengan mandiri.

Selanjutnya, Chelsia mengatakan untuk BSPS yang berasal dari dana DAK sedikit mengalami keterlambatan karena awalnya hilang saat refocusing , tapi muncul kembali. Sehingga, BSPS ABPN yang terlebih dahulu disalurkan kepada masyarakat. Dia optimis Desember 2020 semua unit rumah selesai dibangun.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.