Bersihkan Gulma, Babinsa Bantu Perawatan Tanaman Kacang Milik Petani

0
376

Bolmong, Inatonreport.Com – Sebagai wujud dalam menyukseskan Ketahanan Pangan, Serda Muhammad Amin terjun langsung membantu petani membersihkan rumput pada tanaman kacang tanah milik Bapak Gato Suparno di Desa Uuwan Kecamatan Dumoga Barat Kabupaten Bolaang Mongondow, Rabu (06/01/2021).

Sebagai TNI yang merupakan Aparat Teritorial Kewilayahan harus benar-benar mengilhami dan meresapi kedekatannya dengan rakyat, yaitu dengan turun kelapangan dan ikut merasakan suka maupun duka.

Sebagai Babinsa, kegiatan pendampingan pertanian terhadap petani diwilayah teritorialnya betul-betul di jalani tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab salah satunya dengan turun langsung lapangan membantu dalam merawat tanaman kacang tanah yang terdapat di Desa binannya itu.

kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertanian di wilayah binaan, para babinsa harus mengetahui dan aktif, bukan hanya aktif di lapangan tetapi hal-hal yang bersifat tehnis serta teori tentang pertanian harus dapat di ketahuinya.

Adapun tujuan pembersihan gulma tersebut agar tanaman kacang tanah bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan. Sebabnya, tanaman gulma tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman kacang tanah tersebut.

“Kegiatan ini merupakan tugas yang telah dibebankan kepada kami dalam membantu keberhasilan program pemerintah mensukseskan ketahanan pangan nasional, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Serda Amin.

“Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tak terkecuali pada tanaman kacang tanah ini, diantaranya adalah pemupukan, penyemprotan hama, penyiangan tanaman atau pembersihan gulma tanaman. Sehingga pertumbuhannya menjadi subur dan tentunya akan mandapatkan hasil produksi yang memuaskan,” tutur Serda Amin.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.