Prabinsa Koramil 1303-08/Bolaang Uki Turun Ke Sawah Berantas Gulma

0
385

B O L S E L – Prajurit Pembina Desa atau Prabinsa Koramil 1303-08/Bolaang Uki Prada Febrianto Paputungan melakukan pendampingan turun kesawah dengan membantu membersihkan Gulma yang ada di tanaman padi.

Membersihkan gulma atau hama tanaman padi berupa rumput kali ini dilaksanakan di lahan milik Bapak Ako Musa warga Desa Salongo Timur Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan seluas 1 hektar, Senin (29/03/2021).

Saat dikonfirmasi, Danramil 1303-08/Bolaang Uki Kapten Demeysus Abraham dalam rilisnya menjelaskan, gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil panen yang tinggi dalam budidaya padi sawah.

“Persaingan gulma dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen,” ujar Danramil.

Menurutnya, adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan tanaman padi, maka dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya akan berdampak tidak bagus pada pertumbuhan tanaman padi.

Selain itu, ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga bila dibiarkan dan tanpa dikendalikan, maka kerugian akan melanda petani.

“Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa maupun Prabinsa bersama dengan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus ataupun secara kimiawi dengan penggunaan herbisida,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.