Gelar Musrenbang Kabupaten, Bupati Bolmong Ingatkan Semua Pihak Tentang Pentingnya RKPD 2022

0
314

Bolmong, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow mengingat semua pihak terkait pentingnya penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

Ini disampaikan Bupati saat mengikuti pelaksanaan Musrenbang secara virtual, Senin(5/4). Kegiatan Musrenbang tingkat kabupaten dipusatkan di pendopo Kantor Bupati Bolmong di Lolak. Dihadiri Sekertaris Daerah Tahlis Gallang, Ketua DPRD Welty Komaling serta jajaran pejabat teras Bolmong.

Adapun sebagian peserta Musrenbang mengikuti kegiatan ini secara virtual. Hal ini dilakukan untuk sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bupati mengingatkan betapa pentingnya dokumen RKPD yang penyusunannya dari tingkat Desa dan Kelurahan, kecamatan dan sekarang ditingkat kabupaten.

Penyusunan RKPD 2022 melalui Musrenbang ini, ucap Yasti, berpedoman pada kaidah dan format yang ditetapkan dalam Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Yasti menyatakan, secara formal dokumen RKPD menjadi landasan penyusunan kebijakan umum APBD untuk disepakati bersama DPRD dalam penyusunan dokumen Rencana APBD setiap tahun berjalan.

Selanjutnya, kata Yasti, secara operasional RKPD juga memuat arahan untuk peningkatan kinerja pelayanan masyarakat. Serta secara faktual menjadi instrumen evaluasi untuk mengukur kinerja penyelenggaraa pemerintahan daerah.

Sejumlah isu penting disampaikan oleh Sekertaris Daerah berkenan dengan pencapaian Pemkab Bolmong beberapa tahun terakhir. Dan, rencana kedepan untuk mencapai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati yang akan berakhir tahun 2022 mendatang.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.