Pemkab Bolmong Telusur Jejak Kesenian Tradisional Daerah

0
254

Bolmong, Inatonreport.Com – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Taufik Mokoginta, membuka kegiatan penelusuran jejak kesenian Bolmong, Minggu (6/6/2021).

Pemkab Bolmong mulai menyusun Kajian Kesenian Tradisional di Kab.Bolmong yang telah lama hilang.

Kegiatan yang dilaksanakan di BPU Bontean, Bilalang I, Kotamobagu, menghadirkan tokoh budayawan daerah sebagai pemateri/tenaga ahli Hairun Mokoginta. Selain itu, hadir pula tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Passi bersatu dan Kecamatan Bilalang serta pelaku-pelaku kesenian tradisional Kab.Bolmong.

Taufik mengatakan, kegiatan ini, dilaksanakan sebagai upaya Pemerintah Kab. Bolmong dalam rangka merevitalisasi dan melestarikan serta melakukan regenerasi pelaku kesenian tradisional Kab. Bolmong ditengah kerasnya pengaruh arus globalisasi dunia saat ini.

Sehingga, katanya, “kesenian tradisional Kab. Bolmong yang sudah mulai ditingalkan, bahkan bisa dilupakan kaum generasi muda.”

Dengan kegiatan penelusuran jejak kesenian tradisional maka, kita dapat mengangkat kesenian yang telah lama dilupakan orang, sekaligus melestarikan kesenian tersebut.

Jika hal ini tidak segera dilakukan, lanjut Taufik, maka kesenian tradisional Kab. Bolmong akan mengalami kepunahan dan tidak ada jejak sama sekali, tutupnya.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.