Bupati Bolmong Tinjau Lokasi Banjir dan Tanah Longsor

0
388

Bolmong, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow meninjau lokasi banjir dan tanah longsor di beberapa titik di Kecamatan Bolaang, Bolaang Timur dan Kecamatan Poigar, Sabtu (17/7/2021).

Hujan deras yang terjadi sejak Jumat pagi menyebabkan beberapa ruas jalan tertimbun material longsor. Tak hanya itu, beberapa rumah di beberapa desa ikut terendam banjir.

Yasti yang datang meninjau lokasi tanah longsor di Desa Komangaan harus berjalan kaki sekitar 1 Km karena akses jalan tertutup antrian kendaraan yang mengular hingga 2 Km.

Bupati ditemani Kapolres Bolmong AKBP Nova Surentu serta beberapa pejabat Bolmong meninjau titik-titik terparah akibat bencana alam. Empat buah alat berat digunakan untuk mempercepat evakuasi material longsor yang menutupi jalan trans Sulawesi.

Yasti berterima kasih karena bencana yang terjadi kali ini, Balai Jalan Sulut, Balai Sungai, Balai Perkim dan Dinas Sosial yang sangat cepat merespon kejadian ini.

Menurut Yasti, sudah 80 persen wilayah bencana yang telah dikunjungi, sehingga apa yang akan dilakukan sudah dapat diketahui. “Jalan yang longsor sudah didata dan warga yang terdampak bencana banjir juga sudah didata,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Sulut telah dihubungi, kata Yasti, “Sehingga Senin, warga yang terdampak bisa mendapat bantuan baik itu dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten.”

Baik itu rumah-rumah yang rusak akan mendapat bantuan dari Pemkab Bolmong dan pemerintah provinsi. Demikian pula, warga yang terdampak juga akan mendapat bantuan, tutur Yasti

Kondisi infrastruktur yang mengalami kerusakan akibat longsor cukup parah.
Untuk itu, dia berharap Balai Jalan segera memperbaiki kerusakan tersebut. Yasti mengapresiasi Balai Jalan yang dengan responsif segera melakukan tindakan pembersihan material bahkan, katanya, sampai saat Balai Jalan masih terus bekerja. Apalagi longsoran yang terjadi cukup parah.

Setelah meninjau lokasi banjir, dia menemukan, penyebab banjir salah satunya adalah akibat banyaknya sampah. Yasti pun mengingatkan, agar masyarakat tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama disaluran air dan sungai.

Bencana alam yang melanda beberapa tempat di wilayah Bolmong ini, ikut menyebabkan terjadinya kerumunan. Disaat pandemi Covid-19 saat ini dimana angka positif terus mengalami lonjakan, Bupati tidak lupa mengingatkan warga terkait antisipasi meningkatnya Covid-19.

Dikesempatan ini, Yasti, mengingatkan masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan 3M ditambah dengan menghindari kerumunan.

*Adve

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.