Cegah Penyebaran Covid-19 Di Wilayah Binaan, Babinsa Laksanakan Komsos

0
456

B O L M U T – Guna mengantisipasi tingkat penyebaran wabah Virus Covid 19 khususnya di wilayah Binaan, Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-15/Bintauna Kopda Densi Suwardi melaksanakan Komunikasi Sosial, Selasa (06/07/2021).

Komunikasi Sosial atau Komsos tersebut digelar bersama dengan tenaga kesehatan yang terlibat langsung dalam penanganan pencegahan wabah Covid-19 di wilayah Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Selain Komsos dan Sosialisasi, Babinsa juga maksimalkan penyampaian informasi kepada masyarakat binaan tentang cara Pencegahan Penularan Covid-19.

Dalam hal ini, Babinsa menyampaikan terkait kebijakan Pemerintah dalam menangkal Penyebaran Covid 19 dengan mencanangkan Social Distancing atau menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak dan menghindari semua pertemuan yang melibatkan orang banyak.

Saat dikonfirmasi, Plh Komandan Koramil (Danramil) Koramil 1303-15/Bintauna Serma Mislin mengatakan, kegiatan komsos Babinsa tentang pencegahan Virus Covid-19 kepada warga binaan yang selama ini telah dilaksanakan bertujuan untuk memutus Mata rantai penyebaran virus Corona dengan cara mengikuti himbauan dan instruksi pemerintah yang di sosialisasikan oleh para babinsa bersama petugas medis.

”Mari bersama dukung pemerintah cegah penyebaran Virus, dengan Isolasi Mandiri selama 14 hari. Isolasi mandiri bertujuan untuk mencegah membludaknya pasien virus corona di rumah sakit dan mencegah penyebaran Covid-19 ke warga yang rentan,” ucap Danramil.

Menurut surat edaran Menteri Kesehatan, orang yang sebaiknya mengisolasi diri adalah mereka yang memiliki gejala Covid-19, termasuk demam, batuk, pilek, dan sakit pernapasan.

“Semua itu gejala dalam kategori ringan. Selain itu, mereka yang memiliki riwayat bepergian ke negara dan daerah penularan Covid-19 juga disarankan untuk melakukan isolasi mandiri,” ujar Danramil.

Danramil juga menambahkan Saat ini Pemerintah terus melacak orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif virus corona.

“Namun, tak semuanya akan menjalani perawatan di rumah sakit, tapi dapat memilih isolasi secara mandiri,” tutur Serma Mislin.

Hal serupa juga disampaikan oleh Babinsa Kopda Densi Suwardi saat melaksanakan komsos dengan petugas medis dari Puskesmas mengatakan pada umumnya warga memahami akan wabah virus corona, Namun mereka tetap melaksanakan aktivitas seperti biasanya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.